NCT U - Universe & NCT 2021 - Beautiful, Mana yang Lebih Bagus?

Hai semuanya, sudah lama saya tidak menulis di blog. Karena ini adalah pertama kalinya saya menulis setelah sekian lama, saya ingin membahas tentang lagu dari boygroup asal Korea Selatan, NCT, yaitu lagu Universe (Let’s Play Ball) dan Beautiful.

Sebenarnya lagu ini sudah agak lama dirilis, yakni pada bulan Desember 2021 lalu. Lagu Universe (Let's Play Ball) dan Beautiful merupakan lagu tittle track dari album Universe. Universe adalah album proyek dari NCT 2021 yang menggabungkan semua unit NCT untuk berpartisipasi di dalamnya. Album ini punya dua tittle track yang dirilis pada hari yang berbeda.

Universe (Let's Play Ball)

Lagu yang bergenre R&B Hip Hop ini dibawakan oleh unit NCT U, dengan formasi anggota Mark, Doyoung, Xiaojun, Jaemin, Yangyang, Shotaro, Jungwoo, Haechan, dan Jeno. Lagu Universe (Let's Play Ball) dirilis pada tanggal 10 Desember 2021, empat hari lebih awal dari perilisan album Universe sendiri. Alasan mengapa lagu Universe (Let's Play Ball) dirilis terlebih dahulu, adalah karena lagu ini akan dibawakan di acara Mnet Asian Music Award (MAMA).

Jujur, saat saya membaca judul lain dari lagu ini, yakni "Let's Play Ball", saya punya ekspektasi bahwa lagu ini punya nuansa sport yang sangat kental. Sebelum lagu Universe dirilis, pada tahun 2020 lalu, NCT juga merilis lagu 90's Love dengan nuansa sport dan retro. Jadi, saya menduga bahwa lagu ini akan punya nuansa sport yang lebih kental daripada 90's Love.


Tapi jujur saja, saat lagunya keluar, apa yang saya harapkan ternyata tidak sesuai dengan kenyataan. Saat menonton video klip lagu ini, saya agak kecewa karena video klipnya tidak memiliki nuansa sport seperti yang saya harapkan. Bahkan, lagu 90's Love memiliki nuansa sport berkali-kali lipat jauh lebih baik daripada lagu yang memiliki judul lain "Let's Play Ball" ini.

But, it's okay. Itu bukan masalah besar. Lagu ini tetap memiliki nuansa sport meskipun kurang dibandingkan dengan 90's Love.

Untuk lagunya sendiri, lagunya benar-benar mengingatkan saya dengan lagu 90's Love. Saat pertama kali mendengarkan, saya langsung terpikirkan dengan lagu 90's Love. Tapi, ada pembeda di antara kedua lagu tersebut. Salah satunya ada di satu part yang benar-benar unik, dimana di part Jeno ada lirik "Areumdawotdeon uri durui akapella (akapela kita berdua yang indah)", lalu musik latar berhenti dan member menyanyikan lirik "Aaaahh..." dengan akapela.

Oh ya, saya suka dengan Jaemin dengan rambut oranye-nya disini. Benar-benar tampan. 

(Kok vibes-nya kayak preman ya ㅠㅠ)

Dan juga Yangyang dengan rambut mint-nya yang unik.

Gara-gara rambutnya, banyak yang oleng ke Yangyang waktu dia hadir di MAMA kemarin ㅋㅋㅋ

Jadi, penilaian saya terhadap lagu Universe (Let's Play Ball) adalah 7/10.

Beautiful

Ini tittle track yang sangat saya tunggu-tunggu perilisannya. Oh ya, katanya lagu ini sebenarnya udah dibuat sejak lama dan rencananya dulu akan digunakan untuk lagu debut NCT. Tak heran kalau lagu ini punya nuansa seperti lagu K-Pop gen 2. 

Saat saya membaca berita mengenai lagu ini di akun fanpage NCT, di sana disebutkan kalau lagu ini mempunyai lirik yang akan memotivasi banyak orang, saya jadi benar-benar bersemangat. Selain itu, yang membuat saya excited adalah karena lagu ini dinyanyikan oleh semua member NCT (kecuali Lucas yang sedang hiatus dan Winwin yang sedang syuting drama di China), dan juga ada beberapa member yang ikut berpartisipasi dalam pembuatan bagian rap.

Saat MV lagu ini keluar, saya benar-benar senang dan puas karena ekspektasi saya terhadap lagu ini benar-benar terpenuhi. Bahkan ini jauh melampaui ekspektasi saya. Lagu Beautiful ini memiliki lirik yang benar-benar dalam. Sangat dianjurkan untuk didengarkan di kala merasa down dan insecure karena melihat bakat serta pencapaian orang lain.

Yang benar-benar memuaskan disini adalah, semua member mendapatkan part yang pas, tidak ada member yang mendapatkan part yang sangat sedikit, sedangkan yang lain mendapatkan part yang sangat banyak. Saya tahu jika part setiap member itu ditentukan oleh produser musik berdasarkan kecocokan suara, serta kemampuan mereka untuk menyanyikan part di suatu lagu. Tapi memang ya, lagu ini cocok untuk suara semua member NCT.

Oh ya, ini adalah bagian lirik favorit saya

And last, I want to say thank you to our leader Lee Taeyong. 

Seandainya Lucas dan Winwin juga ikut berpartisipasi di proyek ini. Saya cuma ingin kasus Lucas cepat selesai sehingga Lucas bisa ikut berpartisipasi lagi di comeback NCT, dan drama yang Winwin bintangi sukses besar.

Kayaknya rating yang cocok untuk lagu Beautiful itu 10/10 ya. Ada yang setuju?

Menurut saya pribadi, lagu Beautiful lebih baik daripada lagu Universe (Let's Play Ball). Selain karena lagunya lebih easy listening, lagu Beautiful juga punya lirik yang sangat mendalam. Tapi bagaimanapun juga, semua itu tergantung pendapat kalian masing-masing.

Hanya itu yang dapat saya tulis pada kali ini. Jangan lupa untuk streaming MV Universe (Let's Play Ball) dan Beautiful di YouTube. 





Thank you sudah baca sampai akhir ♡

Komentar

Postingan Populer