15 Fakta Unik dan Menarik Seputar Film Hera Pheri (2000)

Hera Pheri sudah rilis dua puluh tahun yang lalu dan masih mengukir memori di otak para penonton. Hera Pheri merupakan sebuah film komedi yang tak akan pernah terlupakan. Meskipun sudah berpuluh-puluh tahun lalu dirilis, nyatanya para penggemar tidak bosan-bosannya menonton film ini lebih dari satu kali.


Menceritakan tentang Raju (Akshay Kumar), Shyam (Sunil Shetty), dan Baburao (Paresh Rawal), tiga pria miskin yang memanfaatkan telepon salah sambung untuk mendapatkan uang. Mereka merencanakan sebuah misi besar, namun misi tersebut tidak berjalan sesuai rencana.

Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar film Hera Pheri (2000)

1. Peran Shyam awalnya dilakoni oleh Sanjay Dutt. Namun Sanjay memilih keluar dari film karena ia harus menyelesaikan filmnya yang lain, yaitu Kartoos (1999). Kepada Feroz Nadiadwala, sang produser, Sanjay mengatakan jika ia harus segera menyelesaikan film tersebut sehingga tidak bisa terlibat dalam proyek film lain. Ia menyarankan agar peran tersebut diberikan pada Sunil Shetty. 


Sekarang kita melihat peran Shyam dengan apik dilakoni oleh Sunil Shetty. Mungkin, tidak ada aktor lain yang dapat menggantikan posisinya. 

2. Akshay Kumar mengalami keterpurukan pada karirnya setelah beberapa filmnya gagal di pasaran. Hera Pheri telah menyelamatkannya dari masa-masa terburuk dalam karirnya. Melalui film ini juga, Akshay menemukan bakatnya sebagai seorang pelawak.


Setelah sukses dengan Hera Pheri, Akshay pun mengubah genre film pilihannya. Sebelumnya Akshay lebih banyak bermain di genre action dan romantis, setelah kesuksesannya pada Hera Pheri, ia menjadi lebih banyak bermain di film komedi.

3. Raveena Tandon sempat menjadi pilihan pertama untuk menjadi aktris yang tampil sebagai item girl pada sebuah lagu. 


Entah kenapa, posisinya digantikan oleh aktris cantik, Namrata Shirodkar.

4. Lagu "Jab Bhi Koi Haseena" disyuting tanpa kehadiran Priyadarshan (sutradara). Inilah yang menyebabkan perkelahian antara Priyadarshan dengan Feroz Nadiadwala.

5. Karishma Kapoor merupakan pilihan pertama untuk peran utama wanita. 


Namun Karishma menolak peran tersebut karena menurutnya, peran tersebut tidak punya porsi yang cukup besar. 

6. Setelah Karishma menolaknya, peran tersebut akhirnya diberikan pada Mamta Kulkarni.


Namun Mamta menolaknya karena terlibat konflik dengan Priyadarshan.

7. Setelah gagal mendapuk Karishma Kapoor dan Mamta Kulkarni, produser memutuskan untuk mencoba memberikan peran tersebut pada aktris berbakat, Tabu.


Tabu pun setuju untuk bergabung dalam film. Peran tersebut diperankan dengan sangat sempurna olehnya sehingga sosoknya selalu melekat di ingatan para penggemar.

8. Merupakan kolaborasi pertama Akshay Kumar, Sunil Shetty, Paresh Rawal, dan Priyadarshan. Setelah Hera Pheri, mereka kembali berkolaborasi di film De Dana Dan (2009). 


Sayangnya, Akshay, Sunil, dan Paresh tidak digambarkan sebagai teman dalam film tersebut.

9. Karakter Paresh Rawal, Baburao Ganpatrao Apte, telah menjadi ikon di film-film Hindi. Namanya ada dalam barisan karakter ikonik Bollywood seperti Gabbar Singh, Mogambo, Anthony Gonsalves, dan masih banyak lagi. 

10. Film ini terpilih sebagai film komedi terbaik Bollywood sepanjang masa dalam polling online yang dilakukan oleh The Indian Express.

11. Awalnya, film ini diberi judul Raftaar.

12. Pada hari-hari pertama penayangannya di bioskop, film ini tidak mendapatkan begitu banyak penonton. Namun, beberapa hari setelahnya, para penonton berbondong-bondong datang ke bioskop untuk menyaksikan film ini. 

13. Setelah berkolaborasi di Hera Pheri, Priyadarshan selalu memasukkan Akshay, Sunil, dan Paresh pada film-film buatannya, kecuali, Dhol, Billu, Tezz, dan Rangrezz.

14. Ajay Devgan juga sempat ditawari peran Shyam. Namun ia menolaknya karena ia ingin memerankan tokoh Raju yang diperankan oleh Akshay Kumar. 


Namun karena permintaannya tidak dikabulkan, Ajay memutuskan untuk keluar.

15. Film ini merupakan remake dari film Malayalam berjudul Ramji Rao Speaking (1989) yang terinspirasi dari acara televisi, See The Man Run (1971).

Itulah 15 fakta menarik seputar film Hera Pheri. Bagaimana menurutmu? Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang suka Bollywood. Da!

Komentar

Postingan Populer