15 Fakta Unik dan Menarik Seputar Film Bollywood, Aankhen (2002)

Aankhen merupakan film Bollywood bergenre kejahatan yang dirilis pada tahun 2002. Film ini menampilkan Amitabh Bachchan dengan Akshay Kumar serta beberapa aktor lainnya. Aankhen adalah film Bollywood dengan jalan cerita yang tidak biasa sehingga menuai pujian karena jalan ceritanya yang tidak seperti kebanyakan film Bollywood lainnya.


Film ini juga dianggap sebagai film Bollywood terbaik yang pernah dibuat. Tak heran jika film ini bisa masuk ke jajaran film Box Office pada tahun itu. 

Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar film Aankhen.

1. Sebelum diberi judul Aankhen, film ini sempat diberi judul All The Best. Kemudian judul tersebut diubah ke dalam bahasa Hindi karena sang sutradara merasa jika judul berbahasa Inggris akan kurang menarik perhatian penonton. 

2. Film ini dibuat dengan dua ending loh! Untuk versi India, pada endingnya, si penjahat bertobat saat ditangkap polisi. Sedangkan untuk versi internasional, si penjahat menyuap polisi mengejar-ngejar Akshay Kumar dan Arjun Rampal yang masih berkeliaran. Alasan endingnya dibuat berbeda adalah karena para pembuat film merasa jika penonton India tidak akan mengerti dengan karakter yang dilakoni oleh Amitabh Bachchan. 


3. Film ini bukan kolaborasi pertama Amitabh Bachchan dan Akshay Kumar. Aankhen adalah film kolaborasi kedua mereka. Sebelumnya, Akshay dan Amitabh sudah beradu akting di film Ek Rishta: a Bond of Love (2001). 


Film tersebut juga berhasil di Box Office. Setelah berkolaborasi di film Aankhen, mereka kembali berkolaborasi di film Khakee (2004).

4. Bipasha Basu sudah tampil di banyak adegan. Ironisnya, banyak adegannya yang dipotong sehingga menyisakan adegannya pada sebuah lagu.


5. Film ini juga sempat diberi judul Aankh Micoli.

6. Awalnya, Raveena Tandon - lah yang memerankan tokoh Neha. Tapi, dia malah digantikan dengan aktris Susmita Sen. 


7. Susmita Sen berperan sebagai seorang guru bagi orang-orang buta di film ini. Agar perannya terlihat lebih sempurna, ia mengunjungi sekolah yang diperuntukkan bagi orang buta. 


8. Amitabh Bachchan kembali memerankan seorang penjahat di film ini. Sebelumnya, ia pernah memerankan tokoh seorang penjahat di film Parwana (1971), Gehri Chaal (1973), dan Don (1978).

9. Merupakan debut penyutradaraan Vipul Shah.

10. Aftab Shivdasani sempat didekati untuk memerankan karakter Arjun Rampal. Namun Aftab menolaknya karena sudah bergabung dengan proyek film lain. 


11. Ajay Devgan adalah orang pertama yang ditawari peran Arjun Rampal. Dia menolak karena masalah tanggal. Akshaye Khanna juga sempat dipertimbangkan sebelum akhirnya peran tersebut jatuh ke tangan Arjun Rampal. 

12. Sutradara dan produser film ini sempat bentrok. Hal ini disebabkan karena sang produser tidak memberikan penghargaan kepada sang sutradara pada DVD film ini. Nama sang produser, Doshi, ditulis di sampul depan DVD, sementara di sampul belakang tertulis nama Vipul Doshi, bukan Vipul Shah. Vipul mengambil tindakan hukum terhadap Doshi yang sudah menghilangkan kredit sutradara. Setelah itu, mereka berdua tak pernah lagi bekerja sama. 

13. Sekitar tahun 2004/2005, terjadi perampokan bank yang dilakukan oleh seorang pria bernama Feroz Sheikh beserta beberapa kaki tangannya. Feroz mengambil beberapa lakh Rupee yang digunakannya untuk memulai bisnis. Ia mengaku jika ia terinspirasi dari film ini. Feroz ditangkap, namun tidak semua uang itu bisa pulih.

14. Sebuah game komputer yang didasarkan pada film ini dibuat untuk tujuan promosi bersama dengan India FM dan Bollywood Hungama. Game tersebut diluncurkan pada tanggal 14 Maret 2002.

15. Sekuel ini sudah diumumkan sejak tahun 2006. Sekuelnya tidak disutradarai oleh Vipul Shah dan diproduseri oleh Doshi. Sachin mengambil alih Vipul. Pekerjaan pra-produksi telah selesai, namun belum bisa memulai syuting karena kesehatan Amitabh Bachchan yang semakin menurun. Pada wawancara seputar film No Entry (2005) pada tahun 2016, Vipul mengatakan jika ia sudah selesai membuat naskah Aankhen 2. Pada Maret 2019, Vipul mengkonfirmasi jika ia sudah menetapkan para pemeran utamanya. Saif Ali Khan dan Jacqueline Fernandez telah ditetapkan sebagai pemeran utama.

Bonus: merupakan adaptasi dari drama Gujarati milik Vipul berjudul, Andhalo Pato.

Itulah 15 fakta menarik seputar film Aankhen. Bagaimana menurutmu? Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga suka Bollywood. Bye!

Komentar

Postingan Populer