15 Fakta Seru dan Menarik Seputar Film Zero (2018)

Zero merupakan film Shahrukh Khan yang dirilis dua tahun yang lalu. Zero merupakan film Shahrukh Khan yang paling ditunggu-tunggu, karena film ini menampilkan karakter Shahrukh Khan yang cebol. Yup! Para penggemar sangat antusias dan penasaran saat Shahrukh Khan yang bertubuh tinggi menjadi seorang pria mungil dalam film.


Selain karakter Shahrukh Khan yang unik, deretan lawan main Shahrukh Khan juga menjadikan para penggemar antusias menyambutnya. Bagaimana tidak? Si cantik Katrina Kaif dan Anushka Sharma turut ambil bagian dalam film. Jelas-jelas para penonton sangat antusias karena ingin menyaksikan mereka berkolaborasi sekali lagi dalam film setelah film Jab Tak Hai Jaan (2012). 

Meskipun sangat ditunggu-tunggu, nyatanya, film ini justru tidak sesuai dengan ekspektasi penonton. Inilah yang menyebabkan film Zero gagal di Box Office. Hal ini jugalah yang membuat Shahrukh Khan memilih untuk mengambil cuti dari dunia perfilman setelah kegagalan Zero dan film-film sebelumnya seperti Fan (2016) dan Jab Harry Met Sejal (2017). 

Terlepas dari itu semua, yuk kita bahas fakta-fakta menarik seputar film Zero!

1. Karakter yang dilakoni oleh Anushka Sharma telah menyita perhatian para penonton. Anushka Sharma dengan apik memerankan seorang ilmuwan wanita yang menderita celebral palsy. Tapi ternyata, karakter Anushka terinspirasi dari ilmuwan bernama Stephen Hawking yang sudah meninggal.


2. Sudah jelas jika Zero merupakan kolaborasi kedua Shahrukh, Anushka, dan Katrina setelah film Jab Tak Hai Jaan (2012). Penampilan mereka di film tersebut sangat dicintai penonton. Oleh sebab itu, banyak penonton yang menyukai film Zero karena mereka bertiga. 


3. Ketika ditanya mengapa film ini diberi judul Zero, Anand L. Rai pun membeberkan alasan mengapa dia memilih judul "Zero" dan makna mendalam dibaliknya. 

Saya ingin merayakan ‘Zero’. Saya ingin merayakan ketidaklengkapan seseorang. Tidak ada yang hebat dengan menjadi orang yang sempurna. Ada keindahan di balik ketidaklengkapan. Kita semua manusia, dan Zero berasal dari sana.

4. Anushka Sharma bukanlah pilihan pertama untuk peran Aafia. Awalnya, Deepika Padukone adalah aktris yang ditawarkan peran tersebut. Tapi Deepika terpaksa menolak, sebab ia sudah bergabung ke proyek film lain.



5. Para kru mengambil inspirasi dari teknologi yang digunakan dalam film The Lord of The Ringan untuk menciptakan karakter Shahrukh Khan yang bertubuh cebol. 

6. Ketika Shahrukh Khan melakukan sesi tanya jawab #AskSRK dengan para penggemarnya, salah seorang penggemar meminta spoiler film Zero pada sang aktor. Shahrukh Khan pun menjawab, "Ssst... Jangan kasih tau siapa-siapa ya! Aku adalah 'Zero' dan 'No. 1'!"

7. Sebelum diberi judul 'Zero', awalnya film ini diberi judul, 'Batlaa' yang kemudian diubah menjadi, 'Bandhua.' Beberapa nama seperti 'Dwarf', 'Bauna', 'Rangbaaz', dan 'Katrina Meri Jaan' sempat dijadikan pertimbangan. Akhirnya film ini diberi judul yang cocok, yaitu 'Zero'. 

8. Aktris legendaris Sridevi sempat muncul sebagai cameo. Shahrukh Khan meminta Sridevi untuk tampil di film tersebut karena ingin bekerja sama dengannya sekali lagi. Sebelumnya, mereka sudah bekerja sama di film Army (1994). 


Ini merupakan penampilan terakhir Sridevi di film sebelum kematiannya. 

9. Agar lebih maksimal memerankan seorang ilmuwan penderita celebral palsy yang menghabiskan hidupnya dengan duduk di kursi roda, Anushka Sharma sempat berkonsultasi pada para ahli agar dapat membuat adegan kejang secara sempurna. Para ahli itu juga selalu memantau Anushka selama syuting. 

10. NASR adalah penggambaran NASA dalam fiksi. 

11. Menjadi film yang ditunggu-tunggu di tahun 2018, rupanya film ini justru gagal di Box Office. Pendapatan yang diperoleh film ini hanya sebesar Rs. 185 crore dari seluruh dunia. 

Sebelumnya, Shahrukh Khan pernah berkata jika ia akan berhenti bermain film untuk sementara waktu jika film Zero gagal di pasaran. Shahrukh Khan benar-benar menepati janjinya. Sampai sekarang, Shahrukh belum menandatangani proyek apapun. 

12. Teknologi yang digunakan untuk membuat karakter Shahrukh menjadi kerdil adalah Forced Perspective yang merupakan teknologi untuk membuat ilusi optik agar objek tampak lebih jauh, lebih dekat, lebih besar, ataupun lebih kecil dari jarak dan ukuran aslinya. Zero adalah film Bollywood pertama yang menggunakan teknologi tersebut. 


13. Film kedua Shahrukh Khan yang direkam di NASA setelah film Swades (2004).


14. Shahrukh Khan memfokuskan proyek film Zero sehingga ia tidak mau menandatangani proyek lain selama proses produksi Zero. 

15. Pertama kalinya Shahrukh Khan dan sutradara Anand L. Rai berkolaborasi. 

Nah, itulah 15 fakta menarik seputar film Zero. Bagaimana? Berikan tanggapanmu dengan tulis di kolom komentar. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga suka Bollywood. 

Komentar

Postingan Populer