15 Fakta Menarik Seputar Film Race (2008)

Race adalah film aksi Bollywood yang disutradarai oleh Abbas-Mustan. Film ini dibintangi oleh sederet aktor dan aktris papan atas Bollywood seperti Saif Ali Khan, Akshaye Khanna, Bipasha Basu, dan Katrina Kaif.


Film ini bercerita tentang dua bersaudara, Ranvir Singh (Saif Ali Khan) dan Rajiv Singh (Akshaye Khanna). Awalnya, mereka hidup bahagia dan saling menyayangi satu sama lain. Ketika dendam dan rasa ingin menguasai segalanya muncul, mereka pun melakukan balapan kehidupan. 

Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar film Race.

1. Shahrukh Khan adalah pilihan pertama untuk peran Ranvir Singh. 


Namun Shahrukh menolak peran tersebut karena saat itu ia sedang tidak ingin main film aksi setelah membintangi film Don (2006). Akhirnya peran tersebut diberikan pada Saif Ali Khan. 

2. Abbas-Mustan ingin jika Saif Ali Khan memerankan tokoh Rajiv Singh. 


Namun Saif Ali Khan menolak gagasan tersebut dan bersikeras untuk memerankan tokoh Ranvir Singh. Ia ingin memerankan tokoh utama dan tidak ingin memerankan tokoh penjahat. Akhirnya peran tersebut diberikan pada Akshaye Khanna. 

3. Akshay Kumar ditawari peran Inspektur Robert D’Costa.


Namun Akshay menolaknya karena ia tidak ingin memerankan tokoh pendukung. 

4. Ajay Devgan juga ditawari peran Inspektur Robert D’Costa.


Tapi Ajay menolak peran tersebut meskipun ia menyukai naskah filmnya. Alasannya karena Ajay pada saat itu sedang tidak ingin membintangi film aksi. 

5. Sebelum Saif Ali Khan dipilih untuk memerankan tokoh Rajiv Singh, John Abraham diberikan peran tersebut. 


John menolaknya dengan alasan bahwa ia tidak ingin memerankan tokoh penjahat. Namun, John Abraham membintangi sekuel film ini, Race 2 (2013) dan berperan sebagai penjahat di film tersebut. 

6. Fardeen Khan adalah orang pertama yang ditawari peran Rajiv Singh sebelum peran tersebut ditawarkan pada Shahrukh dan John hingga diberikan pada Saif. 


Tetapi, Fardeen terpaksa menolak peran yang datang padanya tersebut karena ia sedang mengerjakan proyek film lain. 

7. Produser menjatuhkan pilihan mereka pada Priyanka Chopra untuk memerankan tokoh Sonia. 


Namun mantan Miss World 2000 itu menolak peran yang datang padanya tersebut karena tak ingin memerankan tokoh penjahat. Akhirnya, peran tersebut diberikan pada aktris yang sama-sama berkulit eksotis, Bipasha Basu.

8. Race adalah film Bollywood pertama yang dimana semua karakter utamanya memiliki nuansa negatif. 

9. Menggembirakan! Film ini sukses di Box Office. Race adalah film Bollywood dengan pendapatan tertinggi ke - 4 di tahun 2008, tepatnya di bawah pendapatan film Ghajini, Rab Ne Bana Di Jodi, dan Singh Is Kinng. Total pendapatan yang diperoleh film ini adalah sebesar Rs. 103,45 crore.

10. Pertama kalinya Anil Kapoor bekerja sama dengan Abbas-Mustan. Sebelumnya, Anil Kapoor ditawari peran utama di film Abbas-Mustan yang berjudul Baazigar (1993). Namun Anil Kapoor menolak peran tersebut. 


11. Menurut laporan dari situs web perdagangan India, Box Office India, album soundtrack film ini terjual sebanyak 17.000.000 unit. Album soundtrack film itu adalah album soundtrack terlaris ke-5 di tahun itu. 

12. Meskipun lagu-lagunya sangat laris, tapi ada 2 (dua) judul lagu yang dituduh merupakan plagiat dari lagu lain. Menurut laporan Network 18, lagu yang berjudul “Pehli Nazar Mein” dan “Zara Zara Touch Me” dituduh merupakan plagiat dari lagu Korea berjudul “Sa Rang Haeo” dan “Deep Within a Bamboo Grove.” Grov BMG Taiwan telah mengeluarkan surat hukum pada Tips Industries dan meminta ganti rugi dari lagu “Zara Zara Touch Me.”

13. Lagu “Khwaab Dekhe” ditambahkan setelah film ini dirilis untuk menggantikan lagu “Mujh Pe Toh Jadoo.” Tips kemu mendistribusikan ulang lagu “Khwaab Dekhe” dan menambahkannya ke dalam film. 

14. Karena kesuksesannya, film ini dibuat sekuelnya pada tahun 2013 dengan judul Race 2. Film tersebut juga sukses di Box Office dan kemudian dibuat sekuelnya yang berjudul Race 3 pada tahun 2018. Tak seperti pendahulunya, Race 3 justru gagal di Box Office. 

15. Cerita pada film ini didasarkan pada film Hollywood 1988 yang berjudul Goodbye Lover.

Itulah 15 fakta menarik seputar film Race. Bagaimana menurutmu? Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu yang juga suka film Bollywood. Bye!

Komentar

Postingan Populer