Rugi! 5 Film Bollywood Ini Dibuat dengan Anggaran yang Sangat Besar, Tapi Nyatanya Gagal di Box Office!

Tujuan para sineas film menggelontorkan biaya yang cukup besar untuk film yang dibuatnya adalah untuk mengesankan penonton. Mereka rela mengeluarkan uang yang sangat besar demi kualitas film yang mereka produksi serta kepuasan penonton. Tapi, hal tersebut tidaklah menjamin kepuasan penonton. Meskipun sudah mengeluarkan uang yang sangat banyak, nyatanya beberapa film Bollywood ini justru sama sekali tidak disukai penonton.

Beberapa produser harus menelan kerugian ketika film yang mereka produksi dengan anggaran yang sangat besar, tapi malah jeblok di pasaran. Apa saja?

1. Bombay Velvet (2013)


Pembuat film Bombay Velvet  ingin mengesankan penonton dengan membuat sebuah film mewah. Oleh sebab itu, mereka tak ragu untuk mengeluarkan uang yang sangat banyak agar para penonton menyukainya. 

Tapi nyatanya, semua kerja keras yang mereka lakukan justru sebuah kesia-siaan. Uang yang mereka keluarkan untuk biaya produksi adalah uang yang dibuang-buang secara percuma. Nyatanya, film Bombay Velvet  justru gagal di Box Office. Film ini ternyata jauh di luar ekspektasi penonton. Sempat digadang-gadang menjadi film besar, film yang dibuat dengan anggaran Rs. 125 crore itu hanya bisa meraup pendapatan sebanyak Rs. 25 crore. 

Bintang utama, Ranbir Kapoor dan Anushka Sharma memilih untuk diam terkait kegagalan film ini. Ini adalah satu-satunya kolaborasi mereka. Setelah kegagalan Bombay Velvet  yang sangat mengerikan, keduanya tak pernah lagi terlibat dalam satu film. 

2. Asoka (2001)

Film garapan Asutosh Gowariker ini memiliki set yang megah. Film Asoka  merupakan film paling ditunggu di tahun itu karena kehadiran Shahrukh Khan dan Kareena Kapoor yang menjadi daya tarik utama. Set yang megah adalah daya tarik lainnya dari film ini. Tapi, ketika film ini dirilis, banyak penonton yang kecewa karena ternyata film ini jauh di luar harapan. Bahkan, Shahrukh Khan yang sangat bersemangat dalam proyek impiannya ini juga harus menelan pil pahit karena film ini justru gagal di pasaran. 

Dibuat dengan anggaran Rs. 125 crore, film ini hanya bisa mendapatkan pendapatan sebesar Rs. 28,3 crore. Bahkan, pendapatannya tidak mencapai setengah dari biaya produksi.

3. Saawariya (2007)

Saawariya  adalah salah satu film yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2007. Film garapan Sanjay Leela Bhansali ini diproduksi oleh rumah produksi Hollywood, yaitu Sony Pictures sehingga tak heran jika film ini punya set yang megah. Selain itu, debutan Ranbir Kapoor dan Sonam Kapoor juga muncul di film ini yang menambah rasa antusias para penonton. 

Bersaing dengan film Om Shanti Om  adalah sebuah kesalahan besar. Meskipun diproduksi dengan anggaran yang sangat besar, nyatanya film ini malah gagal mendapatkan pujian dari penonton. Uang yang dikeluarkan untuk biaya produksi adalah sebesar Rs. 45 crore, sedangkan pendapatannya hanya sekitar Rs. 39 crore. 

4. Mohenjo Daro (2016)

Dibintangi oleh superstar Bollywood, Hrithik Roshan, Mohenjo Daro telah heboh sejak pengumuman produksinya. Set yang megah, kostum yang luar biasa, lagu-lagu yang indah, adalah daya tarik dari film ini. Tapi, rupanya semua itu tidak dapat menyelamatkan film ini dari bencana. Penonton sudah berekspretasi lebih, tapi nyatanya mereka dikecewakan setelah hadir di bioskop untuk menyaksikan film ini. 

Dirilis pada hari yang sama dengan film Rustom, film ini justru kalah bersaing dengan film tersebut. Film ini menuai kritik pedas dari penonton dan kritikus, sehingga film ini harus gagal di pasaran. 

5. Blue (2009)

Film Bollywood berasa Hollywood tidaklah selamanya mendapatkan respon positif. Meskipun film ini telah dikemas dengan adegan aksi yang keren dan set yang megah, nyatanya film ini justru mendapatkan komentar negatif dari penonton dan kritikus. Bahkan penari Australia, Kylie Minogue yang muncul sebagai bintang tamu tidak dapat menyelamatkan film ini dari kegagalan. Dan ia harus rela ketika bayarannya harus masuk ke kantong produser. 

Hal utama yang menyebabkan mengapa film ini bisa memakan biaya yang sangat besar adalah karena bayaran aktor utama, Akshay Kumar dan Sanjay Dutt. Ketika film ini gagal mengesankan penonton, sangat sedikit uang yang bisa disimpan. Rencananya, film ini akan dibuat sekuelnya, namun karena film ini merupakan sebuah bencana, jadi rencana untuk membuat sekuel film dibatalkan. 

Itulah lima film Bollywood yang dibuat dengan anggaran yang sangat tinggi, tapi justru gagal mengesankan penonton. Apakah kamu suka pernah menonton salah satu dari deretan film di atas? Bagaimana komentarmu? Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang sesama pecinta Bollywood. 

Komentar

Postingan Populer