Dulu Sempat Tenar. Sekarang, Dimana Mereka?

Bollywood, bukanlah tempat yang mudah untuk memperoleh kesuksesan. Diperlukan perjuangan yang sangat berat untuk menjadi yang terbaik di Bollywood. Hal itulah yang dilakukan oleh aktris-aktris Bollywood ini sehingga mereka dapat memperoleh ketenaran dan jumlah penggemar yang tidak sedikit. Bukan hanya ketenaran, mereka juga mendapatkan apresiasi atas kerja keras mereka di Bollywood, sehingga nama mereka selalu diagung-agungkan.


Semua yang ada di dunia ini hanyalah bersifat sementara dan akan hilang jika sudah tiba waktunya. Itulah yang dialami oleh karir aktris-aktris cantik Bollywood ini. Dulunya mereka diagung-agungkan karena peran mereka di film-film, tapi kini mereka sudah menghilang dari dunia film sehingga nama mereka perlahan-lahan mulai dilupakan sebagai aktris film.

Siapa sajakah mereka?

1. Shilpa Shetty Kundra 


Shilpa Shetty adalah satu dari sekian banyaknya aktris Bollywood tahun 90-an yang terkenal dengan talentanya dalam berakting. Ia mengawali karirnya di Bollywood melalui film Baazigar  (1993) bersama Shahrukh Khan dan Kajol. Karena kesuksesan film tersebut, nama Shilpa Shetty mulai terkenal dan diperhitungkan di industri Bollywood. 

Ia mencoba untuk melanjutkan karirnya di sejumlah film blockbuster  seperti, Main Khiladi Tu Anari (1994), Aag (1994), Dhadkan (2000), Phir Milenge (2004), Dus (2005), dan sejumlah film lainnya. Kesuksesan film-film tersebut telah membuat nama Shilpa melambung tinggi dan iapun dikenal sebagai aktris papan atas Bollywood. 

Ia telah mengejutkan banyak orang karena keputusannya untuk meninggalkan dunia akting. Setelah menikah dengan Raj Kundra dan dikaruniai seorang anak, Shilpa Shetty mencoba untuk berbisnis. Ia memproduksi DVD series tentang fitness dan gym. Ia juga memiliki tempat spa dan gym terbesar di India. Tak hanya itu, Shilpa Shetty juga menjadi juri di acara Nach Baliye, dan sering mengisi acara-acara televisi. Shilpa juga sudah merilis sebuah buku berjudul "The Diary of a Domestic Diva." Ia juga meluncurkan sebuah aplikasi untuk membantu orang-orang melakukan olahraga sendiri di rumah. 

2. Twinkle Khanna 


Anak dari pasangan Rajesh Khanna dan Dimple Kapadia ini juga merupakan aktris 90-an yang lumayan tenar. Ia melakukan debutnya di film Barsaat  pada tahun 1995 dan mendulang kesuksesan besar di Box Office. Kemudian, ia membintangi beberapa film sukses seperti Jaan (1996), International Khiladi (1999), Baadshah (1999), dan masih banyak lagi. Filmnya yang paling sukses dan paling mencuri perhatian penonton adalah film Baadshah  yang turut dibintangi oleh Shahrukh Khan. 

Terlibat hubungan percintaan dengan aktor Akshay Kumar dan menikah pada tahun 2001, Twinkle meninggalkan dunia akting dan mencoba untuk berbisnis. Aktris yang memiliki nama asli Tina Jatim Khanna ini mengikuti kursus merancang desain interior. Setelah lulus, iapun membuka usahanya sendiri yang ia beri nama "The White Window." Tak hanya sampai disitu, ibu dari dua orang anak ini juga berprofesi sebagai produser film. Kemudian, ia mencoba untuk menulis buku. Buku-bukunya yang sudah diterbitkan dan menjadi bestseller  adalah Mrs. Funnybones, Pajamas are Forgiving, dan The Legend of Lakshmi Prasad. Buku yang berjudul The Legend of Lakshmi Prasad  telah difilmkan dan dibintangi oleh suaminya sendiri. 

Tahun lalu, Twinkle Khanna mendirikan sebuah platform  sosial bernama Tweak India. 

3. Ameesha Patel 


Bagi para pecinta film Kaho Naa... Pyaar Hai, tentunya tak asing lagi dengan nama Ameesha Patel. Ameesha Patel merupakan salah satu dari banyaknya aktris bertalenta yang sempat merasakan ketenaran sebelum akhirnya kehilangan ketenarannya dan mulai dilupakan sebagai aktris film. 

Ameesha Patel memulai karirnya pada film garapan Rakesh Roshan berjudul Kaho Naa... Pyaar Hai (2000). Film tersebut telah mendapatkan perhatian yang besar dari penonton hingga menjadi film Bollywood tersukses pada tahun itu. Tentu saja kesuksesan film Kaho Naa... Pyaar Hai  telah melambungkan nama Hrithik Roshan dan Ameesha Patel. Setelah membintangi film tersebut, keduanya mendapatkan banyak tawaran film dari sutradara-sutradara lain. Setelah membintangi film debutnya, Ameesha kembali berakting di film Gadar : Ek Prem Khata (2001), Humraaz (2002), Bhool Bhulaiyaa (2007), dan masih banyak lagi. Wajah yang cantik dan kemampuan akting yang sangat mumpuni menjadikan Ameesha bintang yang sangat bersinar pada waktu itu. 

Tapi, Ameesha juga harus merasakan bagaimana pahitnya ketika popularitasnya perlahan-lahan mulai menghilang. Oleh sebab itu, Ameesha sudah tak pernah nampak lagi sebagai bintang film. Kemudian, dia mendirikan rumah produksi sendiri yang ia beri nama "Ameesha Patel Production", tapi sayangnya bisnisnya yang satu ini kurang menguntungkan. Ameesha juga akting di kegiatan kemanusiaan. 

4. Preity Zinta 


Preity Zinta, dulunya dia adalah seorang model yang kemudian beralih profesi menjadi seorang aktris. Di tahun 90-an, Preity terkenal sebagai bintang iklan. Kemudian, ia memulai karirnya dengan membintangi film bertajuk Dil Se... (1998) yang ia bintangi bersama Shahrukh Khan dan Manisha Koirala. Sayangnya, film tersebut tidak berhasil di Box Office.

Aktris dengan lesung pipi yang mempesona ini mulai terkenal ketika ia membintangi sejumlah film sukses seperti Kya Kehna! (2000), Dil Chahta Hai (2001), Kal Ho Naa Ho (2003), Veer Zaara (2004), dan masih banyak lagi. Popularitasnya semakin melambung. Iapun mulai terkenal hingga ke mancanegara. Para penggemarnya juga bertebaran di seluruh dunia. Tapi sayangnya, Preity Zinta juga harus menelan pil pahit ketika film-film yang ia bintangi gagal menarik perhatian penonton sehingga ketenarannya semakin meredup. 

Preity Zinta mulai mencari peruntungan di bidang lain. Ia diketahui memiliki Tim Kriket di Indian Premier League (IPL) bernama Kings XI Punjab. Bukan hanya itu, istri dari seorang pembisnis bernama Gene Godenough ini juga memiliki rumah produksi terbesar di India, yakni PZNZ Media. 

5. Juhi Chawla


Pemenang Miss India 1984 ini telah mencuri perhatian para penggemar Bollywood dengan wajah cantiknya yang kerap menghiasi layar kaca. Bukan hanya wajah yang cantik, Juhi Chawla juga punya kualitas akting yang benar-benar bagus sehingga ia menjadi aktris papan atas Bollywood di tahun 90-an. 

Juhi Chawla mengawali karirnya di Bollywood pada film Qayamat Se Qayamat Tak (1988) yang ia bintangi bersama Aamir Khan. Kesuksesan film tersebut yang tak main-main menjadikan seorang bintang dalam sekejap. Kemudian, ia membintangi beberapa film sukses seperti Raju Ban Gaya Gentleman (1992), Darr (1993), Ishq (1997), dan lain-lain. 

Memasuki tahun 2000-an, Juhi Chawla sudah tak aktif lagi di dunia film. Pada awal tahun 2000-an, ia sering menjadi pemeran pendukung dalam film dan sudah jarang menjadi pemeran utama. Lama kelamaan, perhatian para penonton sudah tak lagi tercurah padanya. Hingga akhirnya namanya pun sudah dilupakan. 

Setelah absen dari dunia film, Juhi Chawla mulai menghadiri acara-acara televisi. Ia juga mendirikan rumah produksi bersama Shahrukh Khan dan Aziz Mirza yang diberi nama Dreams Unlimited. Kemudian, sahamnya dibeli oleh Shahrukh Khan dan diubah namanya menjadi Red Chillies Entertainment. Kemudian, pada tahun 2008, Juhi bersama suaminya memperoleh hak kepemilikan untuk waralaba yang mewakili Kolkata dalam turnamen kriket Twenty20 Indian Premier League (IPL) seharga US $ 75,09 juta , dan dinamai tim Kolkata Knight Riders (KKR). 

6. Karishma Kapoor 


Salah satu aktris dari Klan Kapoor ini sudah mencuri perhatian penonton semenjak debutnya di film Prem Qaidi. Sejak saat itu, Karishma Kapoor menjadi aktris papan atas Bollywood. Namanya juga semakin dikenal saat membintangi sejumlah film blockbuster  seperti Raja Babu (1994), Coolie No. 1 (1995), Judwaa (1997), Dil To Pagal Hai (1997), Dulhann Hum Le Jayengge (2000), dan masih banyak lagi. 

Wajah yang cantik, mata yang biru, dan bakat akting yang tak dapat diremehkan adalah ciri khas seorang Karishma Kapoor. Namanya semakin tenar karena film-film yang ia bintangi sukses besar di pasaran. Ia juga merupakan seorang aktris dengan jumlah penggemar yang sangat banyak. 

Ia terlibat kisah cinta dengan Abhishek Bachchan, namun hubungan mereka kandas karena ibunya. Dikabarkan jika Babita tak ingin Karishma Kapoor menikah dengan Abhishek Bachchan karena ia belum mapan. Lagipula, pada saat Amitabh Bachchan juga memiliki kesulitan finansial. Kemudian, ia dijodohkan dengan seorang pengusaha bernama Sunjay Kapoor. Hubungan mereka kandas. Hak asuh anak-anak mereka diberikan pada Karishma Kapoor, dan kemudian Karishma meninggalkan dunia akting nya demi mengurus kedua buah hatinya. 

Meninggalkan dunia akting, Karishma bergabung ke kegiatan kemanusiaan. Ia juga muncul di acara televisi miliknya sendiri yang bernama Karishma : The Miracles of Destiny. Bukan hanya itu, ia juga turut mendukung beberapa merek kosmetik dan perawatan kulit. Baru-baru ini, Karishma dikabarkan comeback melalui web series yang berjudul Mentalhood.

Itulah 6 aktris Bollywood yang sempat tenar pada masanya dan kemudian kepopulerannya hilang sehingga mulai dilupakan. Ada idolamu? Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu yang sesama pecinta Bollywood. 




Komentar

Postingan Populer