Jadi Industri Film Terbesar di Dunia, Inilah Beberapa Fakta Menarik Seputar Bollywood!

Hampir 100 tahun usia perfilman India atau yang biasa kita kenal dengan nama Bollywood. Kini, Bollywood sudah bisa menyaingi film Hollywood loh! Pada tahun 2017, Bollywood sudah bisa memproduksi hampir 2.000 film, sedangkan Hollywood hanya bisa memproduksi ratusan film.

Hal ini tentu sungguh mengejutkan. Ditambah lagi penggemar Bollywood semakin bertambah tiap tahunnya, meskipun di Indonesia penggemar Bollywood semakin turun jumlahnya. Kepopuleran film Bollywood telah membuat keuntungan yang besar bagi para sineas film Bollywood.

Buat kamu yang suka film Bollywood, berikut ini fakta-fakta menarik seputar Bollywood yang dirangkum dari berbagai sumber. Apa saja?

1. Film Bollywood pertama dan Bapak Sinema Bollywood


Dada Saheb Phalke

Film Bollywood pertama dirilis pada tahun 1913 dengan judul Raja Harischandra. Film tersebut adalah film panjang India pertama yang kemudian disebut-sebut sebagai film Bollywood pertama yang dibuat. Raja Harischandra disutradarai oleh Dada Saheb Phalke dan dibintangi oleh Dattatraya Dhamodar Dhabke, Anna Salunke, Bhalchandra Phalke, dan Gajanan Vasudev. Raja Harischandra didasarkan pada sebuah legenda. 

Dada Saheb Phalke adalah sutradara Bollywood pertama. Pada saat itu membuat film masih dianggap tabu, maka Dada Saheb Phalke mengerjakan filmnya secara sembunyi-sembunyi. Dada Saheb Phalke memutuskan untuk membuat film setelah menonton film The Life of Christ (1906) di teater Bombay. Kemudian dia belajar teknik untuk pembuatan film. 

Berkat Raja Harischandra, Dada Saheb Phalke diberi julukan sebagai "Bapak Sinema Bollywood". Namun sayangnya film pertamanya berjudul Raja Harischandra telah hilang sebagian dari filmnya. Kini bagian yang masih utuh disimpan di Arsip Film Nasional India. 

2. Lagu Soundtrack film India

Album filmi gaane

Buat kamu yang suka nonton film Bollywood, pastinya sudah tak asing lagi dengan adegan menyanyi dan menari yang kerap ditampilkan di film-film Bollywood. Tahukah kamu apa film Bollywood pertama yang menampilkan adegan tersebut. 

Ternyata, lagu Bollywood sudah ada sejak film Bollywood pertama yang bersuara dibuat. Film tersebut berjudul Alam Ara (1931). Salah satu soundtrack nya yang terkenal adalah De De Khuda Ke Naam Pyaare

Adegan hujan-hujanan di film Bollywood juga sudah ada sejak tahun 1955 pada film berjudul Shree 420 yang dibintangi oleh Raj Kapoor dan Nargis. Lagunya yang populer karena koreografinya yang unik, yakni beromantis di bawah hujan berjudul Pyaar Hua Ikraar Hua yang dinyanyikan oleh Lata Mangeshkar dan Manna Dey. Karena lagu tersebut begitu populer, banyak sekali sineas film Bollywood yang menirukannya. 

Satu lagi, di India, nama soundtrack dari film-film Bollywood disebut filmi gaane, dimana kata filmi diambil dari kata 'film'. Sedangkan gaane sendiri bermakna "lagu-lagu".

3. Ternyata Bollywood punya penari yang hebat namun dilupakan loh!

Foto Cuckoo

Bollywood terkenal karena punya lagu dan tarian yang membekas di ingatan. Para penggemar Bollywood berspekulasi jika para penari Bollywood zaman dulu memiliki bakat menari yang super dan tidak bisa diremehkan. 

Salah satu penari zaman dulu yang sempat populer di masanya adalah Cuckoo Moray atau biasa dikenal dengan nama Cuckoo. Cuckoo sering muncul sebagai cameo di film-film terkenal. Dia muncul secara singkat di beberapa lagu di suatu film dan menari di setiap penampilannya. 

Cuckoo dianggap sebagai penari terhebat pada masa kejayaannya di sekitar tahun 50an hingga 60an. Dia muncul di film terkenal seperti Awaara (1951), Yahudi (1958), Kinare Kinare (1963), dan Mujhe Jeene Do (1963). Dia juga pernah mempopulerkan nama Vyjayanthimala dan Helen di industri Bollywood, dimana keduanya dikenal sebagai penari paling berbakat di industri Bollywood. 

Namun Cuckoo tiba-tiba menghilang dari layar kaca. Pada tahun 1981 pada usia 53 tahun karena penyakit kanker. Namun semenjak kematiannya, Cuckoo dilupakan dan namanya juga tidak dijaga oleh Bollywood. Sekarang, hanya segelintir orang saja yang mengenalnya. 

4. Film Bollywood pertama yang memiliki sekuel

Poster film Nagina 

Para penikmat Bollywood tentunya mengenal film trilogi Bollywood, yakni Dhoom, film seri Housefull dan Golmaal, dan masih banyak lagi film-film Bollywood yang dibuat sekuelnya karena kesuksesan di film pertamanya. 

Pernahkah kamu bertanya-tanya, apa film Bollywood pertama yang memiliki sekuel? Ternyata film Nagina (1986) adalah film Bollywood pertama yang memiliki sekuel. Film yang dibintangi oleh Sridevi, Rishi Kapoor, dan Amrish Puri itu mendulang kesuksesan di box office sehingga dirilis sekuelnya tiga tahun setelah film pertamanya rilis. 

Namun, sekuelnya yang berjudul Nigahen: Nagina Part II (1989) malah gagal di Box Office. 

5. Penari Terbaik Bollywood

Gambar Madhuri Dixit (kiri) dan Aishwarya Rai (kanan)

Hingga saat ini, nama penari terbaik Bollywood masih diperdebatkan. Di sekitar tahun 50 dan 60-an, nama Vyjayanthimala dan Helen masuk ke kategori penari terbaik Bollywood. 

Gambar Vyjayanthimala

Gambar Helen

Keduanya dianggap memiliki tarian yang lincah. Vyjayanthimala sering menarikan tarian-tarian klasik di film sedangkan Helen sering menarikan tarian-tarian modern ataupun tarian yang bersifat menggoda. 

Sedangkan di zaman Bollywood modern, nama Madhuri Dixit diperhitungkan karena kepiawaiannya dalam menari. Namun banyak yang berspekulasi jika Aishwarya Rai adalah penari terbaik di Bollywood. Meskipun masih diperdebatkan, keduanya sama-sama hebat dan menciptakan gebrakan di lagu Dola Re Dola ost Devdas (2002). Sedangkan penari pria terbaik adalah Hrithik Roshan dan Jackie Shroff.

6. Aktor Bollywood yang sering menampilkan aksi yang berbahaya sekaligus aktor yang masuk ke daftar 10 Aktor dengan Bayaran Tertinggi di Dunia versi Forbes. 

Gambar Akshay Kumar

Untuk menjawab pertanyaan seperti di atas nama Akshay Kumar - lah yang disebut. Pasalnya, aktor yang sudah membintangi lebih dari 100 film ini sering beradegan laga di film-filmnya tanpa menggunakan stuntman. Karena aksinya, Akshay Kumar disebut sebagai The Indian Jackie Chan, karena dia sering beradegan laga tanpa peran pengganti seperti Jackie Chan. 

Tak hanya itu, aktor yang sering berperan sebagai inspektur ini juga masuk ke daftar 10 Aktor dengan Bayaran Tertinggi di Dunia versi Forbes. Akshay Kumar menduduki peringkat ke-4 dengan gaji sebesar $65 juta atau setara Rp296 miliar. Wow!

7. Nama Bollywood

Yang perlu kamu ketahui selanjutnya adalah asal usul nama Bollywood. Sekilas, terdengar mirip Hollywood. Memang, karena Bollywood adalah singkatan dari kata 'Bombay' dan 'Hollywood'. 

8. Aktor yang paling terkenal

Gambar 3 Khan

Aktor Bollywood yang paling terkenal adalah 3 Khan (Shahrukh Khan, Salman Khan, dan Aamir Khan). Mereka disebut sebagai ‘penguasa’ Bollywood. Dilansir dari wikipedia.com, jika salah satu Khan, yakni Shahrukh Khan sangat populer di dunia dan kepopulerannya melebihi aktor Hollywood, Tom Cruise. 

Bahkan ketiganya juga masuk daftar 10 Pria Paling Dikagumi di Dunia. 

9. Keluarga Kapoor

Gambar The Kapoor Family

Keluarga Kapoor adalah keluarga yang anggota keluarganya banyak berkarir di Bollywood. Bahkan keluarga ini disebut-sebut sebagai keluarga yang merajai film Bollywood. Hampir semua anggota keluarga ini aktor dan aktris terkenal seperti Raj Kapoor, Shammi Kapoor, Shashi Kapoor, Randhir Kapoor, Babita Kapoor, Anil Kapoor, Karishma Kapoor, Kareena Kapoor, Shraddha Kapoor, dan masih banyak lagi. 

Tak hanya aktor/aktris, anggota keluarga ini juga ada yang menjadi sutradara dan produser film. Contohnya ada Ekta Kapoor yang terkenal sebagai sutradara dan produser film. 

10. Inspektur Vijay dan Tuan Thakur
Gambar Amitabh Bachchan dan Salman Khan

Para pecinta Bollywood pastinya sudah tidak asing lagi dengan tokoh Inspektur Vijay dan Tuan Thakur. Di film, diceritakan jika kedua orang ini adalah musuh bebuyutan. Dimana Inspektur Vijay adalah seorang Inspektur yang jujur dan tidak mudah disuap, sedangkan Tuan Thakur diceritakan sebagai tuan tanah yang kejam dan tidak berprikemanusiaan. 

Tokoh tersebut benar-benar populer. Bahkan tokoh Inspektur Vijay tak hanya sekali atau dua kali menjadi tokoh utama di film-film Bollywood. Pemerannya juga adalah aktor-aktor Bollywood yang terkenal. Contohnya Amitabh Bachchan, Ajay Devgan, Akshay Kumar, dan lain-lain. 

Tokoh Inspektur Vijay pertama kali diperankan oleh Amitabh Bachchan di filmnya yang berjudul Zanjeer (1973). Tujuan dibuat karakter Inspektur Vijay pada waktu itu adalah sebagai kritik sosial terhadap pemerintah. Kesuksesan film Zanjeer dan tokoh Inspektur Vijay yang populer membuat para sineas film lain juga memberi nama Inspektur Vijay pada karakter di film-film mereka. 

Di film tersebut, dikisahkan jika Inspektur Vijay punya musuh bernama Tuan Thakur. Tokoh Tuan Thakur juga awalnya diciptakan sebagai kritik sosial pada pemerintah. 

11. Yang populer di Bollywood

Sama seperti film-film lainnya, Bollywood juga punya sesuatu yang populer. Genre film yang populer di Bollywood adalah genre film masala, yakni genre film yang menggabungkan antara komedi, romansa, aksi, drama, melodrama, dan musik. Jika kamu menonton film Bollywood lalu mendapati jika film itu tidak hanya terfokus pada satu genre, berarti film itu bergenre masala.

Yang populer di Bollywood baru-baru ini adalah tren remake. Para sineas film berlomba-lomba untuk me - remake lagu-lagu ataupun film-film zaman dulu yang pernah populer pada masanya. Tak ayal, tren ini menghidupkan kembali lagu-lagu yang sudah jarang didengar lagi. Bahkan tren ini juga kembali mempopulerkan lagu-lagu ataupun film-film yang sempat hits pada masanya, namun seiring berjalannya waktu mulai dilupakan. 

Meskipun tren remake tengah menjamur, tetapi para penikmat film dan lagu Bollywood lebih menyukai lagu yang original. Meskipun kebanyakan lagu-lagu dan film-film tersebut telah mendapatkan izin untuk di - remake, ada juga aktor yang keberatan jika salah satu lagu di filmnya dibuat ulang. 

Akshay Kumar keberatan jika lagunya yang berjudul Tip Tip Barsa Paani di - remake. Melalui akun instagramnya, Akki menyatakan keberatannya. Akki tidak ingin jika lagu tersebut akan dibuat oleh koreografer lain dan tidak ingin jika tarian di lagi tersebut ditarikan oleh aktor lain. 

Itulah beberapa fakta menarik seputar Bollywood. Mana yang paling menarik menurutmu? 






Komentar

Postingan Populer