5 Aplikasi Baca Novel Terbaik di Android

Suka baca novel tapi nggak punya duit? Males pergi ke toko buku?

Para pecinta novel terkadang mengalami hal yang serupa, seperti nggak punya duit alias lagi bokek, mau pinjam di perpustakaan tapi ribet kalau mau daftar jadi anggota, kadang punya duit tapi mager alias malas gerak ke toko buku. Derita pecinta buku yang paling besar adalah nggak punya duit. Kadang sayang banget duitnya buat beli buku, mending buat beli makanan atau barang-barang lain yang jauh lebih penting. Ya kan?

Tapi kamu jangan khawatir! Sekarang, semuanya udah makin simple, baca buku contohnya. Sekarang kamu nggak perlu jauh-jauh jalan ke toko buku ataupun merana gara-gara nggak punya duit buat beli buku. Karena kamu bisa membaca novel melalui aplikasi-aplikasi yang bisa kamu unduh di Android kamu berikut ini.

1. Google Play Books 
Perlu dicatat kalau Google Play Books bukanlah aplikasi yang kami rekomendasikan untuk para pencinta buku yang nggak punya duit buat beli buku. Tapi, nggak ada salahnya sih kamu install, karena banyak juga loh buku-buku gratis yang berseliweran di Google Play Books. 

Aplikasi milik Google ini menawarkan koleksi buku yang lengkap. Ada buku dari penulis-penulis Indonesia, maupun penulis-penulis dari luar negeri. Buku-bukunya juga banyak yang berbahasa Indonesia! Tapi kalau kamu mau, ada juga loh buku-buku yang berbahasa Inggris. 

Kalau kamu pengen baca buku tapi males baca buku (ini gimana sih?!) ada fitur terbaru dari Google Play Books yang kece banget loh! Baru-baru ini, Google menambahkan fitur baru pada aplikasinya, yakni audio. Jadi, kamu bisa mendengarkan cerita. Hmm... Jadi ingat masa kecil waktu dibacakan dongeng sama mamak.

2. Scribd
Scribd adalah perpustakaan digital yang menawarkan buku-buku yang lengkap dan bisa membuatmu berdecak kagum. Kamu bisa mendownload PDF dari Scribd loh! Tak hanya novel, aplikasi ini juga menawarkan majalah yang bisa kamu baca melalui ponsel kamu!

Saat baru login, kamu akan diberi kesempatan untuk mencoba secara gratis aplikasi ini selama tiga puluh hari. Setelah itu, kamu harus membayar. Jadi yang punya minim biaya buat baca buku mending nggak usah download aplikasi ini deh! 

Sama seperti Google Play Books, Scribd juga memiliki fitur audiobook, hmm... Jaman sekarang baca novel udah semakin mudah saja ya!

3. iPusnas
Sekarang beralih ke aplikasi lokal. iPusnas adalah pilihan terbaik buat para pecinta novel yang nggak punya uang buat beli buku. iPusnas adalah perpustakaan digital persembahan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Kamu bisa meminjam buku hanya melalui ponsel kamu guys... Wow! Keren banget ya!

Koleksi buku di iPusnas juga lengkap banget. Ada buku-buku novel karangan penulis ternama Indonesia pula, seperti Tere-Liye dan Pidi Baiq. Tak hanya novel lokal, iPusnas juga menyediakan novel-novel terjemahan dari novel berbahasa asing. 

Sayangnya, kamu hanya bisa meminjam dua buku saja selama sehari. Kalau kamu mau ngembalikan buku harus tunggu setelah dua puluh empat jam. 

4. Wattpad 
Kamu pastinya udah nggak asing lagi kan sama aplikasi yang satu ini. Wattpad adalah salah satu aplikasi baca novel terbaik. Kamu bisa membaca novel dari berbagai genre, dan yang lebih hebatnya lagi kamu bisa mengarang sendiri ceritamu loh!

Baca novel disini emang asyik banget. Kamu bisa memberikan komentar pada paragraf yang kami baca, selain itu kamu bisa menambahkan buku kesukaanmu dalam perpustakaan. Jadi berasa punya perpustakaan sendiri ya! Yang paling membuat aplikasi ini banyak peminatnya adalah kamu bisa berinteraksi kepada sesama pengguna. 

Di Wattpad, kamu bisa menciptakan daftar bacaannya sendiri. Kamu juga bisa chat dengan pengguna lainnya karena di aplikasi Wattpad tersedia fitur chat yang dapat digunakan pengguna nya untuk menjalin pertemanan dengan pengguna lainnya! Tapi sayangnya, banyak sekali cerita dewasa yang berseliweran di Wattpad. Sehingga di Wattpad ada yang namanya gerakan "Antiporn." 

5. Cabaca 
Aplikasi baca novel grafis lainnya yang wajib banget kamu install di ponsel kamu adalah Cabaca. Cabaca menawarkan segudang cerita-cerita seru dari berbagai genre. Ada romantis, komedi, horor, hingga K-POP fanfiction. 

Sama seperti Wattpad, kamu juga bisa mendaftarkan ceritamu disini. Tapi mendaftarkan ceritamu di aplikasi ini cukup sulit, kamu harus ke website Cabaca dan mendaftarkan karyamu yang berbentuk PDF, setelah itu karya kamu akan dipertimbangkan apakah layak terbit di Cabaca atau tidak. 

Aplikasi Cabaca juga bisa membuatmu semakin rajin membaca buku. Sebab untuk membaca partnya, kamu harus memakai kerang. Nah, kerang ini kita dapat kalau kita selesai membaca suatu part dan meninggalkan komentar di part tersebut. Atau kamu memberi penilaian terhadap suatu buku, maka kamu akan mendapatkan kerang. 

Itulah aplikasi baca novel terbaik di Android. Mana yang udah kamu cobain? Jangan lupa tinggalkan komentarmu ya! Dan apabila kamu punya saran untuk aplikasi lainnya yang sejenis, kamu bisa kok menambahkannya di kolom komentar. 






Komentar

Postingan Populer