Beberapa fakta menarik seputar film Sangam (1964)

Sangam adalah film Bollywood tahun 1964 yang dibintangi oleh Raj Kapoor (kakek dari Kareena Kapoor), Vyjayanthimala, dan Mahendra Kumar. Mengisahkan tentang cinta segitiga antara Sunder (Raj Kapoor), Radha (Vyjayanthimala), dan Gopal (Rajendra Kumar). Sunder mencintai Radha tetapi Radha mencintai sahabatnya, Gopal. Pada suatu saat, Sunder mengalami kecelakaan pesawat, Radha mengira dia meninggal tetapi Sunder datang dengan keadaan baik-baik saja. Ia menikahi Radha. Apakah Radha akan menerimanya? Apakah Gopal akan rela bila Radha dinikahi orang lain?


Yuk, kita lihat beberapa fakta menarik seputar film klasik Raj Kapoor ini!

- Film ini disutradarai oleh Raj Kapoor dan diproduksi oleh Raj Kapoor sendiri. Film ini merupakan film pertama Raj Kapoor yang berwarna.

- Karena berdurasi tiga jam lima puluh delapan menit, film Sangam menjadi film Bollywood pertama yang diputar dengan dua interval di bioskop.

- Raj Kapoor dan Rajendra Kumar benar-benar berteman di dunia nyata. Anak-anak mereka bertunangan, tetapi mereka putus. Putra Rajendra Kumar menikahi putri Sunil Dutt.

- Sangam telah menginspirasi untuk pembuatan film Hollywood pada tahun 2001 berjudul Pearl Harbour. Perbedaannya adalah di film Sangam hanya satu tokoh yang menjadi pilot, sedangkan di film Pearl Harbour keduanya sama-sama pilot.

- Film Israel berjudul Desperado Square menceritakan tentang bioskop lama yang tidak digunakan dengan pertunjukan Sangam. Film tersebut memiliki plot yang digunakan untuk menghormati film Sangam.

- Pesawat tempat Gopal (Rajendra Kumar) kembali dari Inggris bernama Gouri Shankar, yang sebenarnya adalah Air India Flight 403 , yang merupakan penerbangan penumpang Air India terjadwal yang jatuh di Bandara Internasional Sahar di Bombay, India pada 21 Juni 1982.

- Nargis sempat dipilih untuk memerankan tokoh Radha, tetapi ia menolak karena hubungannya dengan Raj Kapoor baru saja berakhir. Dan juga ia tidak mau menjadi kekasih Rajendra Kumar setelah berperan sebagai ibunya di film Mother India.

(Foto Nargis)

- Awalnya Dilip Kumar didekati untuk memerankan tokoh Gopal Verma. Ia setuju untuk memerankan salah satu dari kedua tokoh laki-laki dengan syarat ia diberi hak untuk mengedit salinan akhir film. Tetapi karena Raj Kapoor tidak bisa mengabulkan keinginan Kumar, maka Dilip Kumar tidak jadi untuk memerankan tokoh laki-laki dalam film.

- Setelah Dilip Kumar tidak jadi berperan dalam film, aktor Dev Anand didekati untuk memerankan Gopal. Tetapi Dev menolak karena alasan "lembar panggilan".

- Soundtrack film ini terdaftar oleh Planet Bollywood sebagai soundtrack lagu Bollywood terbesar.

Itulah beberapa fakta menarik seputar film Sangam. Walaupun filmnya sudah dirilis bertahun-tahun yang lalu, filmnya tetap diingat sampai sekarang ya!

Komentar

Postingan Populer