Hukum membaca dan mempercayai ramalan zodiak

Ramalan zodiak ada artikel yang sering dimuat di media massa seperti majalah, internet, dan lain sebagainya. Ramalan zodiak adalah artikel yang populer. Namun, apakah kita boleh membaca dan mempercayai ramalan zodiak? Bagaimana hukumnya salah Islam?

Ilmu mempelajari segala hal yang menyangkut tentang nasib, jodoh, dsb adalah salah satu bentuk ilmu sihir. Ilmu ini sering disebut ilmu astrologi. Kalau ilmu mempelajari bintang-bintang seperti halnya mempelajari tentang alam semesta, planet-planet, dan lain sebagainya adalah salah satu bentuk ilmu pengetahuan yang hukumnya mubah. Bila mempelajari segala hal tentang bintang yang dimaksudkan untuk meramalkan nasib seseorang, maka hukumnya haram. 

Semakin bertambah ilmu itu, semakin dalamlah ilmu sihirnya. Segala hal yang menyangkut meramalkan masa depan, menebak-nebak nasib seseorang bagaimanapun bentuknya adalah salah satu bentuk ilmu sihir. 

Mempercayai ramalan seperti itu sangat dilarang dalam agama Islam. Bagaimanapun, yang tahu masa depan seseorang hanyalah Allah SWT semata. Jodoh, rezeki, kematian, dan segala hal yang menyangkut masa depan adalah rahasia Allah SWT.

Membaca ramalan zodiak sama halnya seperti mendatangi peramal. Apalagi jika anda mempercayainya. Membaca ramalan zodiak hanya karena sekadar iseng dan anda tidak mempercayainya juga sama dosanya dengan membaca dan mempercayainya. Oleh sebab itu, kita harus menghindari yang namanya ramalan zodiak. Karena hanya sekadar iseng membacanya saja tidak boleh, apalagi mempercayainya.

Apabila anda membaca ramalan zodiak, maka amal ibadah anda tidak akan diterima selama 40 hari. Walaupun hanya sekadar iseng dan tidak percaya, amal ibadah kita tidak akan diterima selama 40 hari. 

Membaca ramalan zodiak sama halnya seperti mendatangi peramal. Oleh sebab itu, membaca ramalan zodiak adalah salah satu bentuk kesyirikan.(*)


Komentar

Postingan Populer